Thursday, April 4, 2019

10 Ciri - Ciri Tanda Sapi Hamil Yang Wajib Diketahui Peternak Sapi

iklan
iklan

Baca Juga

10 Ciri - Ciri Tanda Sapi Hamil Yang Wajib Diketahui Peternak Sapi

10 Ciri - Ciri Tanda Sapi Hamil Yang Wajib Diketahui Peternak Sapi
sapi hamil dengan anaknya
Sapi atau lembu merupakan hewan ternak yang memiliki harga fantastis. Banyak dipelihara di pelosok desa maupun pinggiran kota. Dari peternak sapi rumahan hingga peternak sapi perusahaan berskala nasional hingga internasional mereka membutuhkan daging sapi atau susu sapi banyak mengembangbiakkan ternak sapi agar terus berproduksi. Semuanya tentu akan membutuhkan biaya yang sangat tidak sedikit untuk menghasilkan daging sapi atau susu yang berkualitas bagus membutuhkan makanan juga tambahan nutrisi sapi yang sesuai. Sama halnya untuk mengetahu ciri ciri tanda kehamilan sapi anda.

Satu hal yang perlu peternak sapi perlu ketahui ialah bagaimana cara mengenali kapan sapi peliharaanya hamil. Hal semacam itu sangat penting diketahui oleh peternak sapi atau pemilik sapi sebagai pengetahuan apakah sapi mereka hamil atau tidak dan kebutuhan persiapan untuk kelahiran anak sapi juga persiapan awal untuk anak sapi yang baru lahir

Dengan tahu ciri ciri tanda kehamilan ternak sapi peternak bisa memperkirakan kapan sapi akan lahir, apakah sapi benar - benar hamil? Jika tidak hamil bisa memberi kawin suntik ulang untuk sapi. Dengan mengetahui tanda kehamilan sapi peternak bisa mengantisipasi agar anak sapi saat lahi selamat dan tidak cacat, kematian pada induk atau anak sapi dan lain lain.

Berikut  cara mengetahu ciri ciri tanda sapi atau lembu hamil muda maupun tua

1. Hasil positif pada tes palpasi rektal
Tahukah anda apa itu palpasi rektal? Palpasi rektal ialah sebuah tehnik untuk mengetahui apakah induk sapi betina hamil atau tidak. Tehnik palpasi rektal biasanya dilakukan setelah mengetahui bahwa kebuntungan sudah berhasil dilakukan. Palpasi rektal dilakuakan biasanya paling cepat setelah IB (insementasi buatan) kalau orang desa biasa menyebutnya kawin suntik untuk sapi

Tehnik Palpasi rektal ini sangat membutuhkan tehnik khusus, karena harus dilakuan dengan meraba bagian internal sapi betina sepertin ovarium, uterus, pembuluh darah uterus dan lain lain

Bila merasa ada sesuatu yang berbeda biasa disebut kornu dalam istilah kehewanan yang berada di dekat rongga perut dan sudah terdapat ateri uterina media serta terdapat desiran air yang mengalir, maka itu sudah menjadi tanda-tanda awal adanya janin yang sedang tumbuh berkembang.

Bila tes palpasi sukses positif, bersiaplah untuk mendapatkan anakan sapi baru. Perlu diingat, teknik palpasi sebaiknya dilakukan oleh orang yang benar-benar profesional dan jangan asal coba saja. Resikonya adalah kerusakan janin dan bisa jadi luka pada organ dalam sapi kesayangan anda. Tehnik palpasi ini biasa di lakukan mantri2 yang biasa melakuakan kawin suntik setelah 3 - 4 bulan dari masa kawin istilah umum di kalangan peternak sapi dikampung KIR kehamilan sapi. Jika tidak positif hamil maka akan dilakukan kawin suntik ulang untuk induk betina sapi

2. Pembesaran Abdomen sebelah kanan Secara Progresif
Ciri ciri tanda indukan sapi betina yang sedang hamil muda adalah Pembesaran Abdomen sebelah kanan Secara Progresif dapat terlihat jelas oleh mata sangat benjol. Hal ini terjadi karena terbentuknya janin anak sapi yang bertempat dirongga sebelah kanan abdomen yang membuat badan induk sapi betina membesar untuk menyediakan ruang bagi calon anak sapi yang tumbuh dan akan lahir.

3. Terjedinya Anestrus pada Induk Sapi
Indukan Sapi betian yang sudah hamil biasa tidak ingin kawin lagi dengan induk sapi jantan. Hal ini bisa menjadi salah satu ciri tanda bahwa sapi atau lembu anda sudah hamil muda kalau untuk burung lovebird bebek i atau berahi.
Suatu kegiatan dimana sapi betina tidak ingin kawin dengan sapi jantan atau tidak ingin di kawin suntik di sebut anestrus / absenya induk sapi betina dari kegiatan seksual.
Anestrus juga bisa terjadi karena kelamin sapi betina mengalami luka atau sedang sakit. Alangkah baiknya untuk mengecek kesehatan atau kehamilan sapi anda sebaiknya di periksakan ke dokter hewan atau mantri sapi sekitar anda

4. Meningkatnya Berat Badan Induk sapi Betina
Peningkatan berat badan merupakan salah satu ciri - ciri atau tanda lazim dari kehamilan binatang maupun manusia, termasuk sapi betina
Setelah beberapa bulan melakukan perkawinan atau kawin suntik jika induk sapi betina terlihat bertambah berat badan juga nafsu makannya dari biasanya insyallah positif hamil.

Kenaikan berat badan induk sapi betina ini dipicu karena bertambah besarnya janin sapi yang dikandung oleh sang induk.

5. Timbulnya Gerakan Fetus
Gerakan fetus atau gerakan janin juga merupakan ciri dan tanda yang bisa anda jadikan patokan untuk mengetahui apakah induk sapi betina anda hamil muda atau tua.
Gerakan fetus sangat lazim menjadi ciri dari semua mahluk hidup yang hamil baik hewan atau manusia. Gerakan fetus timbul karena bertambah besarnya janin dalam kandungan induk sapi. Cara mengetahui gerak fetus anda bisa mencoba meraba bagian perut yang dekat dengan rahim jika ada gerakan - gerakan tertentu insyaallah bisa dipastikan induk sapi betina anda mengalami kehamilan.

6. Gerakan  Induk Sapi Betina Melambat
Jika gerakan induk sapi betina anda semakin lambat tidak seperti biasanya setelah beberapa bulan melakukan perkawinan atau kawin suntik itu dapat anda jadikan tanda bahwa sapi anda mengalami kehamilan.
Induk sapi betina yang mengalami kemalian cenderung akan malas bergerak dari biasanya hal ini dikarenakan badan sapi terasa berat karena adanya janin dan jika dibuat bergerak secara tiba2 akan mengakibatkan luka pada janin. Melambatnya aktifitas gerak sapi betina saat hamil merupakan insting alami induk sapi betina.

7. Bulu induk Sapi betina Tambah Mengkilat.
Ciri dan tanda yang ke 7 dari kehamilan induk sapi betina adalah bertambah mengkilat, gilap bulu sapi dari biasanya. Bertambah mengkilatnya bulu sapi ini sebenarnya sangat sulit untuk kita pahami namun bagi yang sering merawatnya setiap hari mereka bisa membedakanya.


8. Temperamen induk Sapi betina lebih teratur.
Sapi betina yang sedang hamil cenderung akan sedikit lunak, berbeda dengan sapi betina yang sudah melahirkan akan lebih galak terutama saat melindungi anaknya.
Kenapa sapi betina yang hamil lebih sedikit lunak? Inj dikarenakan sapi yang sedang hamil mengalami perubahan hormon yang membuat sapi tersebut menjadi lunak.
Namun tidak selamanya sapi yang bisa menjadi lunak dari biasanya bisa dikatakan hamil mungkin karena sakit atau yang lainya. Alangkah tepatnya untuk mengecek kehamilan induk sapi betina di dokter hewan.

9. Pembesaran Kelenjar Air Susu Sapi Betina

Salah satu ciri tanda - tanda bahwa iduk sapi betina hamil adalah membesarnya kelenjar susu secara progresif, hal seperti ini sangat lazim bagi mahluk hidup terutama yang menyusui termasuk sapi. Pembesaran kelenjar susu ini bertujuan untuk menyiapkan ketersediaan asuan nutrisi bagi anak sapi.
namun tidak semua pembengkakan disebabkan oleh kehamilan kemungkinan juga bisa terjadi penyakit pada indukan sapi betina, kalau orang di kampung biasanya untuk mengecek apakah sapi mereka hamil atau tidak bisa dicek dengan memerah susu sapi apakah keluar atau tidak. alangkah baiknya untuk mengecek kebenaran sapi ternak anda hamil atau tidak bisa meminta bantuan dokter hewan online sekitar anda.

10.Hasil positif dengan menggunakan tes asam sulfat
Dari sembilan ciri - ciri yang dijelaskan diatas yang terakhir ini mungkin terlihat aneh menggunakan asam sulfat (sulphuric acid) untuk melakukan tes kehamilan ternak. Menurut Partodiharjo sulphuric acid bisa kita gunakan untuk mendeteksi kehamilah seekor binatang ternak salah satunya binatang ternak sapi. alasan rasional dari metode asam sulfat ini adalah karena di dalam urine sapi yang sedang hamil terkandung hormon yang dihasilkan oleh plasenta.
menggunakan asam sulfat untuk mengecek kehamilan pada ternak sapi dapat anda jadikan metode yang efektif murah dan mudah dilakukan tanpa memerlukan keahlian khusus.Semua peternak sapi dapat melalukan metode ini, caranya cukup menteskan asam sulfat pada urine induk sapi betina anda apabila berubah menjadi warna ungu sudah dipastikan sapi ternak anda positif hamil.
Untuk penggunaan asam sulfat ini anda perlu berhati - hati dikarenakan bahan kimia yang mempunyai sifat keras dan mampu membakar kulit anda maupun sapi ternak anda.

dengan melakukan metode metode yang ada di atas semoga anda bisa mengetahui ciri - ciri tanda sapi ternak anda mengalami kehamilan. rawat dan peliharalah sapi ternak anda dengan baik jaga kebersihan serta kesehatan sapi ternak anda agar harga nilai jualnya meroket tinggi

Artikel Terkait

10 Ciri - Ciri Tanda Sapi Hamil Yang Wajib Diketahui Peternak Sapi
4/ 5
Oleh

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi