3 Cara Mudah Select Object di dalam Object pada Coreldraw X4

Cara Mudah Select Object di dalam object pada coreldraw x4

Hallo apakabar sobat rosie plus dimanapun anda berada, bagaimana puasanya? Masih aman apa sudah bolong?
Ketemu lagi dengan saya setelah sekian lama tidak update article dikarenakan kesibukan dunia maya (kerja). Kesempatan kali ini rosie plus akan memberikan satu tips yang kemarin sempat dikeluhkan oleh anggota grup pecinta corel difacebook tentang bagaiman menselect objek yang ada di dalam object? Hal seperti yang dikeluhkan oleh salah satu anggota tadi sebenarnya sangat mudah untuk dikerjakan dan di prektekan langsung dengan cara melihat, namun akan terlihat sangat sulit dijelaskan dengan kata – kata. Dikesempatan ini rosie plus ingin mecoba menjelaskan cara select object di dalam object, saya sendiri akan memberikan 3 cara mudah select object di dalam object.

Sebelum mempratikan langsung alangkah baiknya kita buatkan dulu object sebagai contoh pertama buat object segi empat dengan size 5 x 5 cm. Cara buat klik rectangle tool di toolbox bisa juga menggunakan short cut F6. Bualah object lagi segitiga dengan ukuran lebih kecil dari persegi missal size 2,5 x 2,5 cm untuk membuat segi tiga klik polygon tool pada tool box, tambah satu object lagi lingkaran dengan ukuran sama dengan segitiga 2,5 cm. kedua object yang ukuran 2,5cm tersebut taruh di dalam object segi empat dengan cara digeser lalu letakkan dibawah segi empat dengan cara menekan shift + pagedown, netralkan coba klik pas segitiga maka yang aktif segiempat inilah masalahnya. Untuk Caranya mengaktifkan object di tengah object ada 3:

1 klik kiri di luar object tahan jangan dilepas geserkan pada kedua object hingga sampai setelah itu lepaskan klik kiri sudah pasti object didalam yang deselect tadi actif semua.
2 Untuk cara yang kedua ini sebenarnya agak ribet menurut saya, tapi tidak ada salahnya semua tehnik pembelajaran corel harus dikuasai. Groub dlu semua object dengan cara ctrl + A setelah itu tekan tombol shift pada keyboard tahan jangan dilepas klik pada object segi empat otomatis object yang paling luarlah yang actif.
3 Sedang cara yang ketiga kita manfaatkan kehebatan corel dalam hal lompatan yang jarang ditemukan diprogram2 desain lainnya. Ubah lompatan (nudge offset) menjadi 10 cm misalnya, jika lompatan sudah selesai dirubah aktifkan object persegi yang paling luar lalu lompatkan entah itu ke kanan atau ke kiri. Setelah itu baru actifkan object lingkaran dan segitiga.

3 Cara Mudah Select Object di dalam Object pada Coreldraw X4