Cara Mudah Membuat Efect 3Dimensi Dengan CorelDRAW

Cara Mudah Membuat Efect 3Dimensi Dengan CorelDRAW

Effect 3dimensi merupakan effect yang membuat sebuah desain terlihat hidup dan nyata, ada banyak program pembuat desain 3dimensi diantaranya Auto Cad, Rhincheros, Art Cam dll. Tutorial kali ini rosie plus akan memberikan tips membuat desain effect 3dimensi menggunakan program coreldraw bisa diaplikasikan pada desain huruf, desain object maupun lainya. Di program coreldraw effect 3dimensi dinamakan effect bevel atau bevel saja. Berikut cara membuatnya:
Pertama buka program coreldraw anda disini saya memakai coreldraw X4 buat Start new blank document, atur paper type dan drawing units menjadi centimeters atau millimeters sebab kedua satuan baku tersebut yang umum digunakan di Indonesia.

Kedua setelah selesai mengatur halaman sekarang waktunya membuat object atau tulisan. Disini sebagai contoh saya membuat tulisan Rosie Plus dan juga object segi enam. Untuk membuat tulisan arahkan mouse pada tool box klik text tool dengan logo T shortcut (F8) serta object segi enam bisa kita buat melalui polygon tool pada tool box dengan short cut (Y) tentukan ukuran object segi enam, disini saya membuat dengan ukuran 6 cm isi fiil colour kedua object yang kita buat dengan warna bisa red atau blue lalu gabungkan jika ingin effect dengan warna sama, pisah jika ingin warna yang berbeda. Disini saya gabungkan dan diberi warna yellow.

Selesai kedua object sudah jadi sekarang waktunya kita member effect 3 dimensi object tersebut agar sesuai dengan judul yang saya buat. Aktifkan kedua object arahkan mouse ke menu bar klik effects lalu pilih bevel, di menu effects coreldraw ini ada sekitar 17 menu antara lain adjust, transform, correction, artistic media, Bleend, contour yang sempat saya bahas di artikel kemarin, envelope, extrude, bevel, lens, add prespective, creat boundary, powerclip, rollowfer, clear effect, copy effects dan clone effects.
Ketiga sudah klik menu bevel dan aktif maka menu tersebut akan muncul disisi kanan biasanya bercampur dengan menu colour. Beberapa isi tampilan menu bevel antara lain style ada 2 soft edge dan emboss, bevel offside berisi to center dan distance pada emboss setelan to center tidak bisa actif, shadow colour berisi untuk pemilihan warna bayangan, Intensity untuk mengatur intensitas warna, light colour untuk mengatur pencahayaan warna effects, direction, altitude dan yang terakhir apply. Untuk member effect 3D dengan corel saya memilih soft edge dengan distance 0.09 shadow colour red light colour yellow intensity 30 direction 69 altitude 37 jadilah seperti ini


Cara Mudah Membuat Efect 3Dimensi Dengan CorelDRAW

Untuk pengisian effects tersebut anda tidak perlu mengacu pada keterangan tutorial saya. Anda bisa mengkreasikan sendiri sesuai dengan kreasi serta imaginasi anda agar lebih maksimal. Sekian tutorial membuat effects 3D menggunakan coreldraw X4 ala rosie plus, semoga tutorial sederhana ini dapat menjadi bahan pembelajaran serta menambah wawasan anda pada coreldraw.

Cara Mudah Membuat Efect 3Dimensi Dengan CorelDRAW