Cara Mudah Menggunakan Comand Bar Transformation Di coreldraw X4

Yo yo kembali lagi dengan Rosie Plus di hari ini, kali ini saya akan kembali memberikan tips penggunaan tool pada program corel draw x4. Seberapa mengenalkah anda dengan coman bar transformation pada corel draw? Saya akan menjelaskan sedikit demi sedikit agar mudah anda pahami.

Ok sekarang ikuti ulasan saya berikut ini:
Pertama buka program corel draw anda, semua pasti sudah bisa bukan?
Buat halaman baru atau buka file anda yang akan kita praktikan buat melakukan transformasi, boleh file kartu nama nota atau desain yang lainya. Jika file sudah terbuka groub file tersebut agar mudah di atur buat transformasinya.

Cara Mudah Menggunakan Comand Bar Transformation Di coreldraw X4

Ganti page atau halaman corel sesuai kertas yang anda inginkan. Sebagai contoh disini saya menggunakan file merek untuk sandal berukuran 4x1 centimeter. Akan saya jadikan cetakan untuk emboss HF.

File sudah siap sudah digroub mari kita lakukan proses transformasi pada file tersebut,
Proses transformasi pertama aktifkan file tersebut arahkan mouse pada sisi ruang bebas menu bar lalu klik kanan pilih Transform atau juga bisa melalui short cut Alt + F7 maka akan muncul menu transformation. Biasanya menu muncul pada sisi kanan destop

Setelah menu muncul jangan bingung disitu ada beberapa pilihan menu antara lain position, Rotate, Scale and Mirror, Size, Skew.

Position di fungsikan untuk mensalin gambar vector agar sesuai dengan posisi caranya aktifkan relative position dengan mencentangnya. Misal saya mau mencopy file merek saya tersebut tinggal centang arah mana yang kita inginkan kanan kiri atas bawah atau ke pojok file akan sama persis sesuia. Menu ini biasa saya gunakan untuk mencetak label merek dan harga agar mudah dipotong di pemotongan kertas dengan jumlah besar.

Rotate,difungsikan untuk melakukan duplikat rotasi dengan spesifik, sebagai contoh kita mendesain kipas bisa menggunakan ini, Rotate sendiri terlalu jarang saya gunakan melalui menu transform ini. Saya lebih memilih menggunakan angel of rotation pada property bar.

Untuk yang ketiga ini Scale and Mirror menu ini sangat penting untuk membuat vector satu gambar dengan di ubah bolak balik tetap sama. Misalnya kita buat logo x agar berpasangan tapi tetap sama kita bisa menggunakan scale and mirro pada menu transform. Caranya cukup buat separoh gambar X lalu klik scale harus 100% centang non propotional centang juga arah yang di inginkan untuk posisi mirror. Menu satu ini paling sering saya gunakan untuk desain logo sandal

Siza menu transform yang keempat di fungsikan untuk mentrasform ukuran missal kita ingin membuat ukuran persegi dengan skala 2:1 bisa menggunaka menu transform size

Yang kelima menu transform Skew merupakan menu untuk transform kemiringan gambar vector sesuia keinginan anda. Misalnya kita buat vector segi tiga lalu kita transform dengan skew atur degrees horizontal dan vertical masukkan angka yang anda inginkan. Centang use anchor point serta centang arah yang kita inginkan klik apply to duplicate.

Itulah sedikit penjelasan tentang beberapa menu transform semoga bermanfaat untuk anda, apabila ada salah kata atau ingin bertanya bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar atau contak fom yang tersedia.

Cara Mudah Menggunakan Comand Bar Transformation Di coreldraw X4