Mengulas Tambahan Menu Outline Pada CorelDRAW X4

Mengulas Menu Outline CorelDRAW X4

Ulasan selanjutnya masih ada beberapa tool lagi sekitar 10 tools diantaranya:
Outline Colors Dialogs
Outline color dialog mempunyai short cut shift + f12. Tool satu ini mempuanyai fungsi member warna line yang sudah kita buat, Jika kita mengaktifkan tool tersebut maka akan muncul beberapa menu antara lain: models, Mixer, Palettes, add palette, options, ok cancel.

Models di menu ini terdapat pemilihan warna yang sangat spesifik beberapa warna yang ada di models antara lain CMY, CMYK, RGB, HSB, HLS, Lab, YIQ, Grayscale, and Registration Color. Untuk memilih warna yang diinginkan tinggal menggeser panel ke atas bawah sesuai warna dan klik warna yang di butuhkan dikotak besar samping kirinya.

Mixers di dalam menu mixer terdapat beberapa menu lain sebagai pilihan antaira lain model berisi kelompok warna dari CMY, CMYK, RGB, HSB, HLS, Lab, YIQ. dibawahnya ada beberapa menu lagi hues isinya meliputi primary, complement, triangle1, triangel2, rectangle dan pentagon. Kebawah sedikit ada menu variation berisi none, cooler, warmer, Darker, Lighter, Less Saturation. Agak ke kanan atas reference ada 2 old dan new. Dibawahnya ada components bersisi pengaturan RGB( red green blue ) caranya dengan memasukan angka yang kita inginkan. Di bawahnya lagi ada menu nama-nama warna yang akan kita gunakan ada sekitar ratusan warna yang terdaftar. Sisi kiri name ada size berfungsi untuk menyusun kepekatan warna dai angka 1 hingga 20.

Palettes merupakan menu warna ouline color untuk warna pallete. Pilihan yang ada di palletes ada fixed palettes, costum palletes, User palettes dan default CMYK palettes.
Fixed Palettes merupakan palatte tetap isinya ada uniform colors, HKS colors, HKS E, HKS K, HKS N, HKS Z, Pantone® solid coated, Pantone® solid uncoated, Pantone® solid matte, Pantone® process coated, Pantone® hexachrome ® coated, Pantone® hexachrome ® uncoated, Pantone® metalic coated, Pantone® Pastel coated, Pantone® Pastel uncoated, Pantone® process coated EURO, Pantone® solid to process EURO, Web-safe Colors, SVG Colors, Trumacth Colors, Focoltone Colors, Spectra Masters Colors, Toyo Colors Finders, Dic Colors, Lab Colors.
Selain fixed palettes ada costum palettes berisi palette CMYK RGB, 256 Shades of gray, Percent Gray.


User’s palettes hanya berisi menu warna costum spot colors dengan jumlah sekitar 50 warna user. Dan yang terakhir dari menu palette menu default CMYK dan RGB.
Dipaling bawah menu palatte seperti biasa berisi menu options add to palette, help, ok dan cancel

None
Menu outline di baris ketiga adalah none, gunanya untuk membuat vector tanpa outline warna dll.


Hairline
Menu outline untuk memilih ukuran outline menjadi hair line. Hairine ukuranya seperti rambut.


½ Point
Dibawah hairline ada menu ½ point fungsiya untuk membuat outline sebesar setengah point caranya dengan mengaktifkan vector lalu klik menu ini dengan klik kiri pada mouse.


1pt, 2pt, 8pt, dan 12pt
Fungsinya sama untuk menentukan besaran outline sesuai standart coreldraw. Menu menu ini juga akan muncul di property bar. Tampilan menunya seperti pen kita bisa memilih out line lebih spesifik pada property bar dan bahkan kita bisa costum isi angka out line sesuai kehendak kita.


Color
Menu outline terakhir yang kita bahas adlah color. Berisikan default CMY, CMYK, RGB, Web safe colors, HSB, HLS, Lab, YIQ, Grayscale, dan Registration Colors. Dibawah menu pilihan warna tersebut ada fill dan outline, fungsinya sama untuk mengisi outline dan fill outline vector.

Itulah Penjelasan tentang menu out line pada tool box, semoga bermanfaat untuk pembelajaran dan pemahaman tentang corel draw X4


Mengulas Tambahan Menu Outline Pada CorelDRAW X4